Green Lemon Dari Bantaran Sungai Cimanuk

Mengenal Lemon Lokal dan Amerika yang Adaptif Ditanam diMajalengka

Buah Lemon samakin hari semakin digandrungi orang-orang yang tahu akan khasiatnya, banyak juga olahan-olahan minuman berbahan lemon dipasaran jadi bukan hal aneh lagi kalau orang tahu kegunaan dan manfaat lemon, meminum air perasan lemon setiap hari dapat meningkatkan imunitas tubuh kita. Hal ini dikarenakan lemon mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu, virus flu dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Selain itu, lemon juga mengandung asam askorbat yang membantu penyerapan zat besi yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Selain kandungan khasiatnya, tampilan pohon lemon juga sangat cantik dan bisa menambah estika dari pekarangan Anda. Ketika lemon belum berbuah, akan muncul bunga-bunga putih dan daun yang bersinar di tengah teriknya matahari.

Banyak orang terkecoh dengan jeruk lemon impor dan lemon lokal, menganggap lemon yang bagus itu yang berwarna kuning, sebenarnya kandungan nutrisi kedua lemon itu adalah sama, cuma lemon import (amerika) biasanya kulit berwarna kuning, lebih tebal dan lebih besar buahnya. Orang-orang lebih menggandrungi lemon Amerika yang berwarna kuning walaupun sebenarnya dengan kemajuan teknologi lemon lokal pun bisa diolah menjadi warna kuning pasca panen.

Lemon Amerika

Lemon Lokal

Kedua tanaman lemon lokal dan amerika sangat adiktif ditanam didaerah dataran tinggi atau rendah, misalnya diwilayah nanggewer dan weragati, Majalengka disana banyak dijumpai tanaman lemon amerika, sementara itu didaerah Desa Pasirmalati, Majalengka banyak dijumpai lemon jenis Lokal. Harga pasaran untuk lemon import lebih mahal biasanya mencapai Rp 65.000,-/kg. sementara Lemon lokal seharga Rp 27.500,-/kg.



Saat ini para petani sedang merintis perkebunan lemon Amerika dibantaran sungai Cimanuk desa Pasir Malati, untuk mengimbangai penanaman green Lemon yang kedepannya selain memang untuk kebun produksi juga untuk menjadi kebun edukasi buat masyarakat sekitar yang ingin bertanam lemon, baik itu dikebun atau dipekarangan rumahnya.


Seperti artikel sebelumnya yang mambahas Nenek pekebun Lemon, sebenarnya prospek buah lemon ini sangat bagus, mengingat lemon Amerika hampir 100% diimpor dari Luar Negeri, alangkah bagusnya bila kabupaten Majalengka menjadi sentra lemon Amerika, dengan tiap-tiap halaman rumah menanam 4 pohon saja maka dikalikan dengan ribuan rumah yang menanam lemon amerika, belum lagi yang berkebun dengan skala besar itu bisa memenuhi pasar lemon amerika yang selama ini di impor dari luar. Dengan harga jual petani (untuk lemon amerika) yang sekitar Rp 20.000,-/kg untuk Grade A. Maka dengan 4 pohon lemon dipekarangan rumah bisa menghasilkan minimal 8kg/10 hari, dan panennya ini pun tidak mengenal musim karena lemon berbuah sepanjang tahun, walaupun puncak panen berada pada April-Agustus. Perawatannya pun tidak terlalu rumit, cukup dengan pemupukan 4x/tahun.

Pohon Lemon jenis Amerika (impor) yang adaptif
ditanam diwilayah Majalengka





1 Komentar untuk "Mengenal Lemon Lokal dan Amerika yang Adaptif Ditanam diMajalengka"

Jika setiap rumah tanam pohon lemon...

Back To Top