Green Lemon Dari Bantaran Sungai Cimanuk

Perjalanan Kang Zay Arifin Mempopulerkan Green Lemon 'JELEGAR' Dengan Layanan Antar

Perjalanan JELEGAR (Jeruk Lemon Segar) istilah yang diciptakan dan dipopulerkan Kang Zay Arifin berawal dari bulan Mei 2016 lalu, ketika tim Agro An-Nabawie menelusuri bantaran sungai Cimanuk diwilayah kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka. Ketika itu kami menjumpai seorang nenek petani Green Lemon dibantaran sungai Cimanuk yang mempunyai kurang lebih seratus pohon Lemon. Artikelnya bisa dibaca disini dengan judul 'Bertanam Green Lemon dengan Sentuhan Cinta Ala Sang Nenek'

Kang Zay Arifin menelusuri Sungai Cimanuk, Dawuan.

Dalam perbincangan kami melihat bahwa walaupun dengan perawatan yang minim tetapi pohon Lemon mampu berproduksi dengan baik dengan interval 10 hari sekali. Banyak petani lemon dikawasan tersebut, dan keluhan mereka rata-rata sama yaitu ketika panen pasokan Lemon berlimpah dan harga menjadi jatuh. Berangkat dari hal tersebut Kang Zay mempunyai inisiatif untuk mengambil sebagian panen Lemon untuk dipasarkan diwilayah Majalengka tetapi dengan syarat petani mau memperbaiki kwalitas buahnya.

Salahsatu Petani Lemon Dibantaran
Sungai Cimanuk
Apa yang membuat JELEGAR beda dengan yang lain? Yaitu sistem penjualan dengan sistem layan-antar tanpa adanya ongkos kirim untuk beberapa kecamatan disekitar, diantaranya kecamatan Dawuan, Palasah, Kasokandel, Jatiwangi,  dan Kadipaten. Untuk kecamatan lainnya dikenakan ongkos kirim tetapi dgn ongkos minim karena kang Zay menggandeng sebuah jasa ekspedisi. Tak terbilang pelanggan yang memesan setiap harinya, bahkan dari luar kota seperti Surabaya, Bali dan Tanggerang meminta lemonnya Kang Zay.

Harga dan layanan penjualan yang kompetitif dan juga kesegaran Lemon karena JELEGAR dipasarkan sehari sampai empat hari setelah panen. Beda dengan Lemon-lemon yang dipasarkan dipasar tradisional dan pasar Modern yg kebanyakan tdk segar karena proses penyimpanan yg lama dari masa panen ke penjualan, dipasar Modern Lemon lokal biasanya harga dikisaran Rp 27.500,-/kg sementara Kang Zay menjual lemonnya dikisaran harga Rp 15.000,-/kg dalam kondisi yang masih segar karena baru dipetik. Kang Zay bisa memberikan harga yg kompetitif karena bisa memangkas jalur distribusi penjualan Lemon, namun dengan meningkatkan pendapatan para petani karena kang Zay membeli lemon diatas harga pengepul.

Lemon Lokal disalah satu pasar Modern
Foto diatas adalan penjualan Lemon Lokal dipasar modern tertera harga Rp 27.500,-/kg, dan foto dibawah ini adalah lemon lokal yang dipasarkan oleh Kang Zay Arifin dengan sistem layanan antar dengan harga Rp 15.000,-/kg, terlihat lebih segar karena baru dipetik dari kebun.
Yang berminat dgn JELEGAR bisa kontak Kang Zay Arifin Di WA/SMS :  081324404995


Lemon Lokal yang siap antar ke Pelanggan kang Zay Arifin
3 Komentar untuk "Perjalanan Kang Zay Arifin Mempopulerkan Green Lemon 'JELEGAR' Dengan Layanan Antar"

Kereeennn..... semangat kaka...

No telpnya gak aktif bang,ada no telp yg bisa dihubungi kah?..

Back To Top